mari mencari kita mencari..

Kamis, 01 April 2010

untitled story chapter II

BAB II

Perjalanan Menuju Hal Bermusik

Seperti gue bilang, gito dateng ke rumah gue waktu gue masih berumur 10 tahun dan saat itu gue sama sekali nggak pernah ngerti apa-apa tentang apapun selain masked rider dan doraemon. Dia memperkenalkan banyak hal baru dalam hidup gue. Soal hal yang nggak gue pernah ngerti sebelomnya, gue belajar music dan olah raga, tapi hal yang sangat gue bener-bener ngerasa sangat special adalah sua bulan dimana gue diajarin maen gitar sampe akhirnya gue tau bener-bener beberapa hal penting yang jadi dasar maen gitar.

Dulu gue selalu mikir kalo music adalah hal yang paling menyebalkan dan membosankan, kalo biasanya gue lagi ngumpul bareng keluarga besar dari bokap gue di bintara, gue selalu berebut televsi sama sepupu gue yang cewek tiap hari minggu pagi, karena mereka selalu ingin terlihat eksis dan update tentang hal-hal baru yang gue sama sekali nggak ngerti saat itu, mereka selalu ingin nonton Mtv dan hal-hal tentang music dan acara gossip televise yang sampe sekarang gue masih benci kadang-kadang karena beritanya sangat berlebihan, sedangkan gue selalu merengek minta ganti ke saluran televise yang menyiarkan acara anak-anak dan kartun-kartun. Sebuah hal yang sangat kontras antara mereka yang remaja dan gue yang masih belom ngerti apa-apa saat itu. Maka dari itu gue sangat benci music sejak gue berumur 6 tahun.
Sampai akhirnya gue sampe dimasa-masa SMP, temen-temen SMP gue sangat beragam ada yang suka sama game online, music, olah raga, dan lain lain, tapi gue masih sangat menjunjung tinggi olah raga saat itu futsal terutama, sampai akhirnya gue manjadi kapten tim yang menjuarai kejuaraan futsal saat gue kelas 3 SMP, biarpun hanya di acara hari ulang tahun RI.

Tapi saat itu, masa-masa SMP terutama kelas 2 gue terus terusan diteken sama temen-temen gue dicekokin hal-hal baru yaitu music, banyak diantara mereka manyukai music aliran metal terutama black metal, gue ngerasa sangat nggak cocok waktu itu dan selalu bersugesti gue bakal rusak kalo bener-bener masuk dan jadi anak black metal, dan gue semakin yakin kalo emang music itu adalah hal yang sangat buruk dan menjijikan.

Dan akhirnya suatu hari gue ngedenger sebuah lagu dari radio yang di setel sama bokap gue di computer gue saat itu, lagu yang nggak pernah gue denger tapi liriknya bener-bener asik, merakyat dan semakin hari semakin gue denger samakin akrab dikuping gue sampai akhirnya gue tau bahwa suara sumbang yang selalu gue denger di computer itu lagunya Iwan Fals, sejenak gue ngeliat bokap gue dan mikir mungkin bokap gue suka lagu beginian, dan sama sekali nggak mempengaruhi dia jadi orang yang sangat aneh dimasa dewasanya, maka dari itu gue selalu ngikutin lagu-lagu yang dia sukai, gue baru tahu kalo bokap emang penggemar music saat mudanya waktu itu.
Suatu hari bokap pulang bawa mini compo, katanya mau ditaro dikamar gue, biar gue bisa dengerin radio sambil belajar, dan gue suruh ngecek gimana suara radionya, bagus apa nggak, karena gue nggak punya kaset music saat itu, jadi gue ngeceknya pake kaset-kaset punya bokap gue, dan dar situlah gue nemu-nemu hal baru dan semakin bbaru dari music dan berbagai macem jenis music, dari situ awal-awalnya gue tau yang namanya Michael franks, the beatles, dan lain-lain, gue mulai merambah ke jenis music barat klasik, dan gue selalu ngebandingin lagu rock masa lalu macem bon jovi, dan blink 182, sangat berbeda dan setelah gue cari tahu Tanya-tanya sama temen SMP gue ternyata music nggak Cuma tiga jenis setahu gue dulu, pop, rock, dan dangdut, tapu dari pop dan rock masih punya banyak cabang yang membaginya lagi dari yang paling umum sampe inti khususnya, dan jenis jenis music lainnya kayak jazz blues dan laen-laen.

Sama kayak yang gito kasih tau ke gue, dia pertama-tama ngajarin gue maen gitar dari kortnya doing, sampe ke sebuah lagu, lagu pertama yang gue pelajain adalah lagu peterpan, wah biarpun gue nggak pernah sama sekali suka sama bandi itu, tapi lagu yang gue pelajarin dan pernah gue apal dan sangat apal dari ajaran si gito.
Semakin lama gue belajar dan naek-naek lagi sampe ke jenis music selanjutnya, gue disuruh beli majalah kort music sama gito, katanya disana lo bisa dapet sebuah halaman yang isinya kord gitar yang musti gue pelajarin biar makin jago bermusik. Gito udah jarang ngajarin gue maen gitar sejak gue kelas 3 SMP dia semakin sbuk sama kerjaannya pualng malem dan berangkat pagi sampe gue nggak dapet aktu buat belajar gitar dari dia. Dan gue terus terusan dengerin music terutama iwan fals saat itu sampe akhirnya gue tahu nama penggemarnya adalah OI, yang entah gue nggak ta sama sekali apa singkatannya itu, banyak banget yang nafsirin, gue tau itu dari temen SMP gue yang ngakunya si anak OI dan udah dapet member anggota OI fals mania tersebut.
Karena gue udah nemu temen yang gue rasa sehobi sama hobi baru gue waktu itu gue jadi sering maen bareng dia. Nyanyiin lagu-lagu dari gitar yang mereka biasa pake ngamen keliling komplek, hha itu juga maennya selalu diem-diem kalo nggak dibali tembok kelas kalo nggak dikantin karena gitar biasanya kita titip disitu, abis iasanya kalo ketauan guru pasti gitar kita disita karena lagi kgiatan belajar mengajar dn lagi nggak ada pensi saat itu. haha maklum lah anak SMP waktu itu belom pegang Black Barry, atau I-pod aple, jadi kita kerahin semuanya buat music.
Sejak saat itulah gue mulai nunggu-nunggu yang namanya pensi sekolah, berhubung sekolah juga tinggal diselengkat sampe jadi gue nggak punya alesan buat nonton pensi sekolah laen, karena gue masih di cap anak mami waktu itu, rokok aja belom kenal, hmm parah kan gue.

Dan satu hal yang sangat gue inget dan sampe sekarang gue belom certain dan gue pengen banget gue certain ke gito. Akhirnya seorang Remon yang sangat dipandang sebelah mata, yang sangat nggak sama sekali di hormati disekolah, dan sama sekali nggak ngerti tentang music jadi leader band kelas dan ngebawain lagu iwan fals di pentas seni kelas, dan semua yang nonton suka dan mereka benyanyi, wah itu adalah hal yang paling nggak bakal gue lupain, pertama kali gue ngilangin rasa malu dan ngeband ngewakilin kelas disana.

Sejak saat itu gue mulai mendalami permaenan gitar gue, gue pupuk semua yang telah ad ague modifikasi dan mencoba nyari kemana keahlian gue ini mengalun, makin kesini gue makin mendalami banyak music, Britpop, alternative, heavy slow rock, dan banyak lagi, pengetahuan yang udah gito kasih tau gue terus kembangin sehingga gue tau senggaknya jenis-jenis music terutama luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar